KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN

Dalam rangka meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan lembaga serta anak asuh, Panti Asuhan Al Muthi’in bekerjasama dengan LPPM UGM membuat suatu kegiatan yang bersifat pemberdayaan yaitu sistem budidaya lele terpadu dengan sayuran. Hasil yang diharapkan yaitu multimanfaat panen ikan lele juga panen sayuran sebagai hasil sampingan, tentunya sayuran organik yang sehat dan bebas bahan kimia berbahaya bagi kesehatan.

Sistem budidaya lele terpadu dengan sayuran diharapkan memberikan manfaat ganda, bagi budidaya lele sayuran bisa menyerap kandungan nitrat dalam air sehingga berperan sebagai pereduksi limbah dalam badan air.

Secara garis besar proses dalam kegiatan ini yaitu persiapan lokasi dan pemasangan kelengkapan yang diperlukan selama berlangsungnya budidaya.

 

Selanjutnya adalah penebaran benih ikan lele serta penanaman sayuran.

Selanjutnya adalah pemeliharaan ikan hingga panen, pemanenan sayuran bisa dilakukan setiap 2 pekan sekali. dalam sekali pemeliharaan diharapkan bisa panen sayuran 3-4 kali.

“Kegiatan ini adalah kelanjutan dari program sebelumnya yang juga bekerjasama dengan LPPM UGM dan Panti Asuhan Al Muthi’in. Kami sangat merasakan manfaat dari kegiatan ini dan semoga kerjasama ini menjadi berkah dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sekitar yaitu berupa kemandirian” Kata H. Jazuli selaku Pengurus Panti asuhan Al Muthi’in.

 

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. legionella testing
  2. vibrating bullet
  3. bang bros
  4. comprar aceite de cbd

Leave a Reply